Senin, 11 Juni 2012

Bahan Sehat Pengganti Mentega

Untuk membuat kue, hal yang paling sering kita gunakan adalah gula pasir, telur dan mentega. Padahal, jika bahan-bahan pembuat kue tersebut digunakan secara berlebihan kurang baik untuk kesehatan. Ada banyak bahan sehat yang dapat digunakan untuk mengganti bahan-bahan pembuat kue.

Konsumsi makanan sehat tidak hanya terbatas pada bahan makanan saja. Bahan untuk membuat kue pun sudah mulai banyak yang diganti dengan bahan-bahan alami. Biasanya pilihan akan jatuh kepada makanan berlabel sugar-free  dan fat-free, termasuk bahan yang digunakan untuk membuat kue. Namun, perlu diingat bahwa hasil akhir dan rasa kue yang dibuat dengan bahan alternatif mungkin berbeda dibandingkan dengan memakai gula pasir, telur, dan mentega. Hal ini juga tergantung pada jenis kue yang dibuat.

Mentega membuat kue menjadi gurih dan lembut. Tapi tahukah Anda bahwa mentega memiliki 1.627 kkal kalori dan 184 gram lemak per cup? Nah, kali ini Lily Cakes Indonesia bakal sharing bahan apa aja sih yang dapat digunakan untuk menggantikan mentega sebagai salah satu bahan utama dalam membuat kue.

  1. Cream Cheese : Mentega ternyata dapat ditukar dengan sebagian atau seluruhnya cream cheese rendah lemak. Teksturnya mirip mentega, tetapi memiliki kalori yang lebih rendah. Per satu sendok makan, biasanya mentega mengandung 100kkal kalori dan 11 gram lemak, sementara cream cheese rendah lemak hanya mengandung 30kkal kalori dan 2 gram lemak.
  2. Greek Yogurt : Yogurt jenis ini juga memiliki banyak kelebihan. berbeda dengan yogurt biasa yang lebih cair, Greek Yogurt lebih creamy dan kental. Makanya yogurt tanpa whey ini dapat dijadikan sebagai pengganti mentega. Selain rendah lemak, Greek Yogurt juga rendah gula dan karbohidrat, tetapi mengandung protein yang tinggi.
  3. Pure Apel tanpa gula : Biasaya apel murni tanpa gula ini disebut dengan unsweetened apple sauce. Sisihkan 1/2 jumlah mentega yang dibutuhkan, lalu ganti dengan pure apel. Pure apel ini cocok digunakan untuk membuat cake. Kita dapat mengurangi kalori hingga 1.550 kkal dan lemak hingga 184 gram.
  4. Pure Labu Kuning tanpa gula :  Bahan ini dapat digunakan untuk quick bread, spice bread, muffin, cake, pancake, dan brownies. Cara penggunaannya sama seperti Pure apel. Jumlah kalori dan lemak yang dipotong adalah 1.500 kkal dan 184 gram.
  5. Pure Prune: Gunakan mentega sebagian saja dan tambahkan pure prune sebagai gantinya. Pure prune ini cocok untuk membuat kue coklat, brownies, ginger bread, dan kue beraroma rempah-rempah. Kalori dan lemaknya 1.365 kkal dan 184 gram lebih rendah dibanging mentega biasa.
  6. Pisang halus: 1 cup pisang tumbuk dapat dijadikan alternatif untuk 2 cup minyak. Teksturnya yang padat tidak cocok untuk kue bertekstur ringan dan halus. Rasanya juga kurang enak jika dipadankan dengan citrus dan berry. Pisang halus paling sesuai untuk resep quick bread, coffee cake, dan pancake


Lily Cakes Indonesia 

1 komentar:

  1. bahan2 pengganti mentega diatas tersedia di Jakarta semua ga ya?

    BalasHapus